Tiga Orang Paling Penting Dalam Berbisnis

Berbisnis itu ada yang bilang mudah, ada juga yang bilang susah. Kok bisa berbeda-beda, ya? Apa yang bikin semuanya begitu relatif? Nah, dalam artikel ini saya ingin berbagi suatu hal tentang apa yang membuat bisnis bisa menjadi lebih mudah dijalani. Saya bilang dulu di awal. Hal tersebut adalah orang, atau manusia! Bisnis itu, selama dijalankan oleh manusia, maka berhasil tidaknya tidak akan terlepas dari faktor manusia. Agar bisnis bisa lebih mudah dijalankan, selain diri kita sendiri, ada 3 orang penting yang wajib kamu punya!

Mitra

Orang pertama yang perlu kamu libatkan adalah mitra bisnis. Mitra bisnis ini bisa berupa orang yang benar-benar membangun bisnis bersama, atau bisa pasangan dan keluarga di rumah. Intinya, mereka adalah orang yang bisa membantu kamu ‘estafet’ dalam menjalankan kesibukanmu.

Mereka adalah orang yang bisa diandalkan ketika kamu butuh bantuan. Kamu bisa percayakan masalah dan tantangan kepada mereka, dan bisa diselesaikan bersama. Misalnya mitra bisnis yang paham akan kesibukan dan kehidupanmu akan bisa lebih fleksibel untuk membagi tugas dan saling melengkapi kekurangan. Begitu juga dengan anggota keluarga. Pasangan atau saudara misalnya bisa membantu mengurus anak atau urusan keluarga ketika kamu sedang ada meeting dadakan.

Bisa saja kamu menjalankan bisnis sendiri. Namun tanpa mitra, kamu akan lebih sulit mengambil resiko dan menghadapi beban bisnis. Kemungkinan untuk merasa sendiri dan kewalahan akan menjadi lebih tinggi.

Mentor

Kedua, yang tidak kalah pentingnya adalah mentor. Apalagi ketika terjun di awal berbisnis. Tidak memiliki orang yang paham dan bisa memandu bisa menjadi hal yang menakutkan. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum berbisnis, bisa lakukan networking dulu untuk mencari mentor yang tepat.
Carilah seseorang yang punya pengalaman dalam bisnis yang kamu jalankan. Mulai dari sana. Jangan langsung minta diajarkan, tapi bangun hubungan dulu. Tunjukkan kalau kamu benar-benar komit, gigih, dan passion, serta ada nilainya dalam menjadi mentor kamu. Apa yang bisa kamu berikan pada mentor? Itu tergantung kamu sendiri.

Mentor ada untuk memenuhi peran pengecil ketidakpastian. Kekhawatiran akan ketidakpastian seringkali membuat kita sulit melangkah dan kehilangan arah. Nah, dengan adanya orang yang bisa membantu kamu mengatasi hal ini, perjalanan bisnismu akan semakin berakselerasi.

Entrepreneur lainnya

Nah, orang terakhir yang perlu ada adalah para entrepreneur lainnya. Tidak perlu cuma satu orang, lebih baik lagi kalau ada komunitas. Setidaknya ada lingkaran sosial yang isinya entrepreneur dengan bidang atau kondisi yang sama dengan kamu.

Bisa online atau virtual di grup WA atau telegram. Tapi lebih baik lagi bisa ketemu langsung sesekali. Tujuannya adalah, agar kamu punya perspektif baru dalam berbisnis, terutama dalam menghadapi masalah baru. Siapa tahu, kalian bisa saling sharing solusi dan membantu satu sama lain. Tidak ada solusi pun, setidaknya bisa saling menampung cerita satu sama lain.

Punya teman atau lingkaran ini penting sekali agar kamu mendapatkan dukungan sosial dan moral yang kamu perlukan. Saling menyokong, mengingatkan, dan berbagi akan membuat banyak sekali hal menjadi lancar, ketimbang di jalankan sendiri.

Apakah kamu sudah punya tiga orang di atas untuk bisnismu? Walau tidak ada hukumnya, tapi di kehidupan nyata, punya akses terhadap tiga pihak ini akan sangat membantu kamu loh. Tidak ada jaminan pasti sukses dan selalu lancar sih, tapi bila kamu memilih orang yang tepat, berbagai rintangan sulit akan jauh lebih mudah dilewati. Jadi, bila kamu belum menemukan tiga orang ini dalam kehidupan bisnismu, maka bergeraklah sekarang!

Share the article

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *