Mau Meningkatkan Ingatanmu? Coba 4 Hal Ini!

Aada beberapa yang menanyakan bagaimana seseorang bisa meningkatkan kemampuan mengingat mereka. Wajar, karena banyak sekali orang, di tengah-tengah kesibukannya, ingin melakukan hal ini, namun belum tahu cara dan strategi yang tepat.

Buat kalian yang belum tahu, berbeda dengan komputer, manusia tidak menyimpan ingatan dalam satu tempat saja. Sebaliknya, ingatan merupakan jaringan antar bagian-bagian di otak yang dihubungkan oleh neuron. Bagaimana neuron ‘menyala’ dan mengaktifkan bagian-bagian tersebutlah yang membentuk ingatan spesifik.

Bila ingin meningkatkan ingatan, maka kita harus mencari cara untuk memperkuat aktivasi-aktivasi ini. Nah, dalam artikel ini, saya akan membagikan beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan ingatan kita. Apa saja? Yuk, simak!

Mengingat Melalui Makanan

Meningkatkan IngatanSalah satu komponen utama dari ingatan yang kuat adalah otak yang sehat. Ini membuat menjaga kesehatan otak merupakan hal penting bila kamu termasuk orang yang punya misi meningkatkan ingatanmu.

Nah, kamu bisa melakukannya dengan makanan! Makan makanan tertentu atau menghindari makanan tertentu bisa memiliki manfaat besar bagi otak, loh! Misalnya, banyak dari kalian pasti sudah tahu kalau anti-oksidan punya peran penting dalam menjaga keawetan sel. Nah, makan makanan dengan kadar anti-oksidan tinggi seperti blueberry, brokoli, dan tomat bisa membantu kamu meningkatkan kesehatan otak.

Begitu juga dengan makana penuh DHA dan vitamin B, seperti salmon! Super food seperti cokelat pahit dan kacang walnut misalnya. Tentu, hindari zat aditif, seperti gula sintetis, rokok, alkohol, dan narkotika berlebihan ya!

Mengingat dengan Mencatat

Meningkatkan IngatanOtak terbiasa mengingat hal yang menonjol. Namun, di antara ratusan ribu informasi yang kamu terima setiap harinya, akan sulit sekali menemukan hal penting yang menonjol. Oleh karena itu, pakar dari Harvard Medical School merekomendasikan hal paling sederhana, yaitu pengulangan kata dan menyimpan catatan yang rapi.

Yes, otak kita memang punya banyak kemampuan. Tapi, nggak ada salahnya otak mendapatkan bantuan. Apa yang kamu dengar atau lihat, coba ulangi sekali lagi dan catat dalam sebuah jurnal.

Memiliki jurnal dan catatan pribadi ini, akan membantu kamu mengingat lebih banyak hal. Ini juga akan melatih otak agar ingat untuk mengingat apa yang ada di catatan dalam jangka panjang. Lama-kelamaan, catatan ini hanya akan berfungsi sebagai bantuan visual saja, loh!

Mengingat dengan Menggerakan Tubuh

Meningkatkan IngatanNah, cara selanjutnya kamu bisa meningkatkan kemampuan mengingatmu adalah melalui aktivitas fisik! Tujuan utamanya adalah melancarkan peredaran darah pada otak. Namun, selain itu, melakukan aktivitas fisik juga bisa membantu otak lebih jernih dan fokus pada tugas-tugas tertentu.

Misalnya, dengan senam aerobik, bersepeda, atau menari, kita juga melatih organisasi dan koordinasi tubuh. Melakukan hal-hal ini mendorong otak untuk menerima dan mengolah berbagai sensori secara bersamaan dalam jumlah yang banyak. Begitu juga dengan permainan tim, seperti basket, futsal, atau voli yang membutuhkan strategi, prediksi, dan koordinasi antar manusia.

Sebaliknya, meditasi bisa memberikan otak waktu istirahat dari berbagai sensori. Otak punya waktu memproses dan mengorganisir pikiran dan ingatan yang sudah ada. Ini akan membantu otak memperkuat ingatan yang ada, dan lebih siap menghadapi informasi baru! Terakhir, jangan lupa untuk tidur. Tidur siang misalnya, bisa membantu otak mendapatkan istirahat dan energi yang cukup untuk berperforma, loh!

Mengingat dengan Melatih

Meningkatkan IngatanTentu, bila kamu ingin sungguh-sungguh melatih kemampuan otak, kamu tidak bisa hanya mengandalkan informasi yang kamu temui. Kamu perlu latihan!

Latihan seperti apa? Yang paling sederhana adalah membaca buku. Novel, buku self-help, buku teks, apapun itu! Membaca bisa mengaktifkan berbagai bagian otak secara bersamaan. Setelah membaca, coba ceritakan ulang apa saja informasi yang kamu dapatkan. Bagaimana alur ceritanya? Apa hal baru yang kamu pelajari. Latihan seperti ini bisa membuatmu meningkatkan kemampuan memorimu!

Selain membaca, ada beberapa hal lagi hal yang bisa kamu lakukan tidak hanya untuk melatih ingatan, tapi bahkan kemampuan analisa dan organisasi informasi. Belajar alat musik atau lagu baru misalnya, melatih kemampuan sequencing atau pengurutan dan penerapan informasi misalnya. Begitu juga dengan memasak atau membuat kue!

Terakhir, yang bisa kamu lakukan adalah membuat mind-mapping! Mirip seperti catatan fungsinya, untuk membantu kamu mengingat. Cobalah buat peta informasi terhadap berbagai hal yang kamu pelajari, dari situasi sosial, hal yang terjadi sehari-sehari, game yang kamu mainkan, dan banyak hal lagi. Lama-kelamaan, kamu akan melatih otak untuk terbiasa memetakan berbagai hal yang kamu pelajari, dna meningkatkan kekuatan koneksi setiap ingatan.


Itulah beberapa hal sederhana yang bisa membantu kamu meningkatkan ingatanmu. Perlu diingat, tidak ada garansi ingatanmu akan membaik atau meningkat kapasitasnya hanya dengan melakukan ini. Soalnya, setiap orang punya kemampuan yang berbeda-beda.Kuncinya adalah pengulangan. Apapun yang kamu coba, pastikan kamu melakukannya secara konsisten!

Share the article

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *