Meningkatkan Efikasi-Diri

Apa itu Efikasi Diri dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Hi loyal readers! Setiap orang pasti punya tingkat kepercayaan diri masing-masing. Tapi, terlepas dari kepercayaan diri yang baik, pernahkah kamu merasa tidak pede dalam melakukan suatu hal? Beberapa hari lalu saya bertemu dengan teman lama yang menanyakan pertanyaan menarik.

Ia menjelaskan bahwa dirinya secara umum cukup pede alias percaya diri. Namun, ketika disuruh menangani proyek baru dan melakukan presentasi di hadapan pimpinan, tiba-tiba ia merasa tidak bisa melakukannya. Padahal, dia kenal baik sikap pimpinannya yang sabar dan proyek barunya walau menantang, tapi sebenarnya bisa dikerjakan.

Sembari berbincang soal situasinya, saya pun terpikir bahwa dulu cukup sering menemukan masalah serupa. Spekulasi saya, ini berkaitan dengan efikasi diri seseorang, bukan hanya soal kepercayaan diri secara umum.

Buat pembaca yang masih ingat, di artikel-artikel sebelumnya saya pernah membahas soal efikasi diri. Berbeda dengan kepercayaan diri (esteem) yang menunjukkan penilaian diri sendiri, efikasi diri justru menunjukkan kepercayaan diri kita dalam melakukan suatu hal.

Seberapa percaya kita pada kemampuan sendiri untuk menuntaskan suatu hal (efikasi) dapat menentukan kinerja kita dalam melakukan hal tersebut. Walau penilaian ini erat kaitannya dengan hal yang ingin dilakukan, pengalaman diri kita, serta kemampuan yang dimiliki, dalam tulisan ini, saya ingin berbagi beberapa tips soal bagaimana kalian bisa meningkatkan efikasi diri secara umum!

Yuk, mulai!

Meningkatkan Efikasi-Diri

 

Nah, efikasi diri sebetulnya dapat dibangun dari prinsip-prinsip kognitif sederhana. Pasalnya, pola pikir dan permasalahan pikiran yang sering disebut overthinking-lah yang sebenarnya menjadi penghambat paling besar dalam sukses melakukan suatu hal.

Beberapa poin di atas akan berguna sebagai latihan meningkatkan efikasi diri secara umum. Kamu tinggal mencoba untuk menerapkannya terhadap tugas dan goal spesifik yang ingin kamu capai, dan temukan variasi yang cocok denganmu!

Sumber: These Football Times

Ingat poin nomor 3! Kamu pasti bisa!

Share the article

Leave a Comment