perkembangan psikososial

Mengenal Kamu dan Tahapan Perkembangan Psikososialmu

Hello loyal readers! Apa kabar? Biar nggak bosan artikel terus, kali ini saya akan bercerita tentang Psikologi lewat infografis! Topiknya cukup umum, yaitu perkembangan manusia! Tujuannya biar teman-teman pembaca lebih paham bagaimana sih Psikologi menganalisa perkembangan manusia?

Nah, yang ingin saya bahas di sini adalah salah satu teori perkembangan mendasar yang banyak dipakai hingga kini: Teori Perkembangan Psikososial Erik Erikson. Menurut Erikson, dari lahir hingga tua, manusia menjalani setidaknya 8 tahap perkembangan.

Tahapan ini dilihat dari interaksi diri kita dengan lingkungan sosial, (bukan perkembangan biologis ya!). Setiap tahapan memiliki ‘dilema’ yang perlu diselesaikan dengan baik, karena akan menentukan dan membentuk perkembangan psikis, kognitif, dan perilaku kita!.

Biar nggak penasaran, yuk lihat ilustrasi di bawah ini!

perkembangan psikososial

Kamu sedang dalam tahap perkembangan psikososial yang mana? Apa saja dilema dan permasalahan yang sedang kamu hadapi? Semoga infografis di atas mampu membantumu untuk memahami diri sendiri dan orang di sekitarmu, soal apa yang sedang dilalui ya.

Satu hal yang perlu diingat. Inforgrafis di atas hanya merupakan panduan saja ya! Tergantung situasi hidup setiap orang, yang dialami bisa berbeda-beda dan tidak selalu sesuai dengan yang di atas. Misalnya, ada yang mencari identitas hingga ke masa dewasa, atau bagi yang pensiun muda, masa integrity dan despair bisa datang lebih cepat.

Terakhir, yang terpenting adalah kamu. Kira-kira, kamu sedang dalam tahapan apa? Butuh kedekatan? Adakah dorongan untuk terus berkarya? Jangan berhenti mencari apapun yang penting dan mendukung proses perkembangan kamu agar sehat dan sukses setiap tahap!

Share the article
error

Leave a Comment