Media Sosial juga Punya Dampak Positif pada Kesehatan Mental loh!

Hey loyal readers! Akhir-akhir ini, seberapa sering kamu online di media sosial? Coba pikir kembali hari ini, sudah berapa jam kamu habiskan untuk Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Youtube?

Kamu yang sudah lama punya akun akun media sosial pasti pernah mendengar sedikit banyak dampak buruk yang ditimbulkan. Mata jadi lebih cepat rusak, tubuh jadi lebih mudah capek, apalagi kalau hanya duduk atau baring diam saja ketika menggunakannya, pasti badan pegel-pegel!

Namun, yang bikin penggunaan media sosial mengkhawatirkan bukan hanya dampak fisiknya saja, melainkan justru dampak psikologis yang berkepanjangan. Tapi, artikel ini bukan tulisan anti media sosial kok. Seperti semua hal, media sosial juga bisa memberikan dampak positifnya pada kesehatan mental!

Infografis berikut mengilustrasikan dampak positif dan negatifnya media sosial. Yuk, kita lihat!

Dampak Negatif Media Sosial terhadap Kesehatan Mental

Penggunaan media sosial ditemukan memiliki hubungan dengan tingkat depresi seseorang (De Choudhury, M., Gamon, M., Counts, S., & Horvitz, E. (2013). Predicting depression via social media. ICWSM, 13, 1-10)
Penggunaan yang tinggi berhubungan dengan kekurangan empati atau ketidakpedulian dalam diri seseorang (Andreassen, C. S., Pallesen, S., & Griffiths, M. D. (2017). The relationship between addictive use of social media, narcissism, and self-esteem: Findings from a large national survey. Addictive Behaviors, 64, 287-293.)
Glamorisasi perilaku tidak bermanfaat, seperti konsumsi zat, melakukan pranks, dan aksi berbahaya lainnya (Karrie Lager, 2011, https://www.huffpost.com/entry/social-media-mental-health_n_5268108)
Kurangnya kemampuan untuk fokus dalam jangka waktu yang lama (Penn State University, 2018, https://sites.psu.edu/aspsy/2018/10/21/social-media-attention-span/comment-page-1)
Adiksi, yang menyebabkan hilangnya waktu, semangat, dan produktivitas dalam kehidupan nyata

Dampak Positif Media Sosial terhadap Kesehatan Mental

Media sosial bisa menjadi ‘gerbang’ untuk mencari bantuan profesional yang dapat diandalkan untuk masalah kamu
Berpotensi membantu orang untuk tidak merasa sendirian atau terisolasi
Inspirasi! Belajar hal baru, traveling, mencoba gaya hidup lebih sehat, berbisnis–media sosial membuat kita lebih kreatif!
Tentu saja, media sosial membawa kita lebih dan tetap dekat dengan orang tersayang kita, apalagi di saat sedang jauh dari mereka
Kesadaran akan kesehatan mental semakin tinggi. Semakin banyak akun dan influencer yang memberikan pesan dan dukungan positif untuk kalian yang punya masalah

Kuncinya adalah mencari keseimbangan konten dan jumlah waktu kamu mengkonsumsi informasi dari media sosial. Nggak harus selalu untuk hiburan, pelampiasan, atau pelarian kok! Banyak hal di media sosial yang apabila dipergunakan dengan benar akan membawa perubahan substantif pada hidup kita, terutama di area kesehatan mental!


Sebagai pengguna, kita perlu sadar terlebih dahulu di awal dan mengambil tindakan pencegahan sebelum terlambat. Ingat, kesehatan mental tidak punya gejala yang tampak. Tubuh tidak punya ‘sinyal’ khusus yang bisa memberitahu dirimu bahwa kamu sedang mengalami masalah kesehatan mental.

Di post-post selanjutnya, saya akan lebih banyak berbicara lebih mendalam lagi soal hubungan media sosial dan diri kita, baik secara positif dan negatif. Di antara poin poin di atas, manakah yang kalian paling ingin saya bahas?

Share the article
error

Leave a Comment