Kebahagiaan otentik

Mengenal Kebahagiaan Otentik, Kebahagiaan yang Sesungguhnya

Apa kabar loyal readers? Tahukah kalian, kalau bulan Oktober adalah bulan peringatan kesehatan mental sedunia! Buat kalian yang peduli dengan kesehatan mental kalian, saya ingin bertanya. Kapan terakhir kalian menanyakan kepada diri sendiri apa arti kebahagiaan bagi kalian?

Rasanya sulit, yah. Padahal pertanyaan sesederhana itu, tapi jawabannya bisa sangat kompleks, bisa ke mana-mana. Bahkan, ada orang yang tak bisa menjawabnya sama sekali. Untuk membantu terutama kalian yang sulit mencari kebahagiaan dan maknanya dalam kehidupan, kali ini saya ingin menulis sedikit pencerahan soal kebahagiaan, spesifiknya kebahagiaan otentik untuk teman-teman. Tulisan ini mencakup info yang saya berikan ketika tampil di acara sehatmental.id sebagai salah satu panel profesional Psikologi pekan lalu di Kuningan City. Panel yang sama juga diisi oleh coach Jackie Kezia (@JackieKezia), dan public figure Ferdy Hasan (@ferdyhasan). Kak Seto juga hadir loh, guys!

Mencari kebahagiaan otentik

Kebahagiaan otentik
Sumber: Goalcast

Nah, kebahagiaan bisa banyak, tapi kebahagiaan yang otentik hanya satu. Kebahagiaan bagi orang lain bisa rasa senang karena makan es krim favorit, bangga karena dapat penghargaan, atau bisa bertemu orangtua setelah sekian lama. Bagi banyak orang, kebahagiaan itu nggak jauh jauh dari hubungan dengan orang lain (kehadiran orang lain), atau benda dari luar (mendapat sesuatu).

Tapi, kebahagiaan otentik itu adalah kebahagiaan yang asli. Kebahagiaan yang bukan di pancing dari luar, melainkan kebahagiaan yang benar-benar muncul dari dalam diri. Kebahagiaan ini muncul bukan karena keterkaitan dengan dunia luar, melainkan karena batinmu merasa tenang, tidak terikat, dan bebas.

Tidak ada yang dikorbankan dari kebahagiaan otentik, sehingga tidak bisa dibandingkan. Misalnya, kalau kamu bahagia karena beli suatu tas bermerk (tidak otentik). Seharusnya kamu senang kan? Udah nabung dari sekian lama. Tapi, kamu akan membandingkannya dengan uang yang kamu habiskan (worth it atau nggak). Nanti menjabar lagi ke tabunganmu yang berkurang, nanti stres ke pekerjaanmu yang tidak bisa menghasilkan uang lebih. Tidak ada akhirnya.

Manfaat bahagia secara otentik

Kebahagiaan otentik
Sumber: Finerminds

Terus kalau hanya dari dalam diri, apa manfaatnya? Wah, jangan salah! Walau tidak terikat dengan materil, kebahagiaan otentik merupakan sumber dari kebahagiaan lainnya. Apabila kamu bahagia secara otentik, maka yang kamu kerjakan akan tulus, lancar, dan fokus. Pekerjaan akan menjadi lebih produktif, dan pembicaraan akan lebih bermutu.

Tidak hanya ke kehidupan sehari-hari. Kesehatan juga! Kamu akan lebih sulit untuk stres, karena kebahagiaanmu tidak bergantung pada sedikit banyaknya tekanan. Kamu akan lebih memiliki compassion terhadap dirimu, sehingga lebih bugar. Energimu juga tidak mudah habis, karena selalu ada dorongan dari dalam agar dirimu dan kebahagiaanmu tidak terpengaruh oleh kekurangan dari luar.

Bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan yang otentik?

Kebahagiaan otentik

Tentu tidak mudah bagi kebanyakan orang. Ini hal yang saya sampaikan juga di panel pembicaraan sehatmental.id. Kebahagiaan otentik itu butuh pengalaman, artinya butuh banyak discovery soal apa yang membuatmu tidak bahagia. Perlu sadar dulu, apa yang penting, apa yang tidak dalam hidup. Dari sana kita bisa membagi apa yang patut membuat kita senang dan sedih.

Ingat, jangan membanding-bandingkan. Fokus pada diri sendiri. Umumnya, kesenangan yang berasal dari luar turut membawa ketidakbahagiaan. Tanyakan, apabila kamu tidak perlu mencari uang atau membeli barang untuk bertahan hidup, apa yang bisa membuatmu bahagia?

Pelan-pelan, setelah proses bertanya dan mencari tahu, pelan-pelan akan terbentuk ide dan cara mendapatkan kebahagiaan yang otentik. Bisa diupayakan. Bukan sesuatu yang dapat dari lahir. Mulai dari kata mau. Tapi, di sini saya bukan hanya ingin memotivasi untuk bahagia. Sebenarnya yang ingin saya katakan adalah setiap orang punya idea of happiness sendiri. Ide yang unik, spesial, dan bermakna. Hanya kamu sendiri yang dapat menemukannya. Jangan sia-sia dengan membiarkannya lepas begitu saja.


Kebahagiaan otentik

Terakhir, ketahuilah, walau kebahagiaan otentik tidak selalu harus berurusan dengan orang lain, tidak jarang orang di sekitarmu yang otentik perlakuannya terhadapmu bisa membantu kamu menemukan kebahagiaan otentikmu. Dan apabila kamu sedang tidak bisa atau kesulitan menemukan kebahagiaan saat ini, selalu ada profesional kesehatan mental yang siap membantumu! Buat yang butuh, bisa ngobrol dengan saya kapan saja!

Atau, untuk teman-teman yang tertarik dengan kegiatan kesehatan mental bisa kunjungi @sehatmental.id di Instagram atau follow founder-nya kak Ade di @elmology.id! Cukup senang saya bisa berbicara dan sharing dengan pembicara dan terutama dengan teman-teman yang hadir. Walau hanya berlangsung sekitar 30-40 menit, terlihat acara tersebut bisa membawa suasana dan impact yang positif pada hadirin. Can’t wait buat tampil di acara-acara seperti ini lagi!

Share the article

Leave a Comment